#1 Desain Website – Struktur HTML SEO

Posted By fuadfauzi 19 Desember, 2018
#1 Desain Website - Struktur HTML SEO

Struktur HTML SEO

#1 Desain Website – Struktur HTML SEO – Artikel ini merupakan artikel pertama dalam membuat template pada sebuah blog. Tidak ada website didunia ini yang tidak menggunakan HTML sebagai kerangka struktur. Seperti yang kita tahu bahwa struktur sederhana blogger itu terdapat:

  1. Header
  2. Body
  3. Sidebar
  4. Footer

Nah sebenarnya struktur tersebut masih bisa dikembangkan lebih jauh lagi. Sebelumnya kita harus tahu bahwa versi terbaru dari HTML adalah HTML 5. HTML 5 Merupakan versi terbaru yang sudah direkomendasikan pada sebuah website. Penggunaan HTML 5 juga dapat menambah rangking pada index google.

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<meta charset=”UTF-8″>
</head>
</html>

Nah HTML diatas merupakan rekomendasi HTML versi terbaru, jadi jangan sampai menggunakan HTML Versi lawas.

Nah setelah kita menggunakan HTML versi terbaru. Maka tinggal di sempurnakan saja apa yang paling kita butuhkan untuk Struktur HTML SEO. Sebagai contoh struktur website artikel sederhana:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<meta charset=”UTF-8″>
      <title>DesyoNET</title>
</head>
<header>
</header>
<nav>Navigasi Menu
</nav>
<body>
<article>Konten Saya
</article>
<aside>Sidebar
</aside>
</body>
<footer>
</footer>
</html>

Kurang lebih struktur html tersebut dapat digambarkan sebagai berikut:

Struktur Website

Nah seperti itulah struktur website pada umumnya, namun jangan lupa untuk selalu menggunakan HTML5 dalam struktur website. Perbedaan antara HTML4 dan HTML5 ada pada tabel dibawah:

Struktur Website HTML4 Struktur Website HTML5
<div id = “header”> <header>
<div id = “menu”> <nav>
<div id = “content”> <section>
<div class = “article”> <article>
<div class = “aside”> <aside>
<div id = “footer”> <footer>

Nah, memang sepertinya tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan antara HTML4 dengan HTML5. Namun dimata mesin pencari HTML5 lebih dipertimbangkan rangkingnya dibanding HTML4. Untuk lebih jelasnya mengenai SEO anda bisa membuka artikel:

Membuat Website SEO

Namun rasanya struktur website yang baik ataupun SEO tidak akan manis rasanya bila tidak memasukan microformat ataupun microdata schema. Nah untuk artikel mengenai microformat bisa anda cari digoogle. Namun untuk pengguna WordPress bisa menggunakan Plugin Schema untuk validasi microformat.

Sekian dari artikel #1 Desain Website – Struktur HTML SEO di sub-bab selanjutnya anda akan belajar mengenai #2 Desain Website – Meta Tag pada Header

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *