Membuat Website SEO – Update Terbaru 2019

Posted By fuadfauzi 24 November, 2018
Membuat Website SEO

Membuat Website SEO

Kali ini saya akan membahas mengenai salah satu konten yang cukup kuat peminatnya. Bahkan semua pemilik website menginginkan ilmu yang sangat bermanfaat ini dan menerapkannya pada website mereka. SEO, yaitu biasa kita sebut Search Engine Optimation. Yaitu sebuah ilmu yang bisa dibilang ilmu tidak pasti. Pertanyaan yang sering keluar yaitu. Bagaimana cara membuat website SEO. Bagaimana cara website dapat terindex. Bagaimana cara agar post masuk google, dan lain sebagainya.

Sebelumnya, mengapa saya memberikan Gambar Unggulan dengan konten “Membuat Website SEO” dengan gambar background secangkir kopi? Apakah ada hubungannya? Jawabannya sangat berhubungan. Saya ingin mengingatkan pembaca kalau “Membuat Website SEO” ini sama seperti “Membuat Secangkir Kopi”.

Bila anda membuat website SEO dan membaca artikel ini step by step maka hasilnya akan nikmat. Sama halnya dengan secangkir kopi, bila anda membuatnya step by step maka hasilnya juga akan nikmat.

Namun berbeda bila anda membaca artikel ini dengan loncat-loncat sudah pasti hasilnya akan buruk. Sama halnya dalam membuat kopi bila langkah pembuatannya loncat-loncat dan sengaja tidak pakai air. Maka hasilnya akan buruk.

Setidaknya ada jutaan website dan blogger yang tercatat di indonesia ini. Masing masing dari mereka mencari satu peringkat yang ada dipuncak Search Engine.

Yang jadi permasalahan bukanlah bagaimana membuat website kita menjadi SEO. Kita mengoptimasi website kita sendiri, namun website kompetitorpun juga melakukan hal yang sama. Bahkan diantara mereka ada pemain lama yang sangat ahli dalam SEO.

Melihat Persaingan Sebelum Memulai Membuat Konten

Mari kita ulas sedikit mengenai persaingan konten yang ada di Indonesia sebelum membuat website SEO. Konten blog yang ada di indonesia sangat lah banyak. Maka dari itu kenali tipe website yang ada di Indonesia. Tercatat lebih dari 2.000.000 website yang terdaftar itu sudah termasuk yang aktif dan yang tidak aktif.

  1. Website Perusahaan ( 5% )
  2. Website Organisasi ( 2% )
  3. Website Sekolah/Universitas ( 3% )
  4. Website Umum ( 85% )
  5. Dll ( 5% )

Website Umum dibagi lagi menjadi 2 bagian (sebenarnya masih banyak lagi)

  1. Tutorial/Artikel (Kesehatan, Game, Masak, Kerajinan, Blogger, Membuat “Alat/Barang”, Tips dan Trik, materi pelajaran, dll)
  2. Download (Game, Software, Film, Anime, dll)
  3. B Log/Traveling/Pribadi

Bila saya ambil contoh, anda memulai blog dengan topik Tutorial Memasak Makanan. Maka anda perlu melihat terlebih dahulu persaingan anda. Selain itu, ada beberapa pertanyaan penting terkait konten yang ingin anda buat.

  1. “siapkah anda untuk memberikan Tutorial Membuat Makanan yang lebih bagus dari pada yang lain”.
  2. “Apakah anda sudah mempunyai bahan untuk membuat lebih dari 100-1000 Postingan yang bagus”.
  3. “Apakah anda menyukai atau hobi pada masak memasak?”

Bila anda tidak siap dan tidak mempunyai bahan, bahkan tidak sehobi pada masak memasak. Lebih baik anda tidak perlu melanjutkan untuk membuat blog dengan konten memasak. Anda hanya akan membuat konten yang tidak bagus, dan hanya membuang-buang waktu.

Bagaimana cara melihat persaingan?

Lalu yang jadi pertanyaan besarnya adalah bagaimana cara melihat website kompetitor?. Mari kita lihat gambar dibawah ini..

Tutorial Memasak Optimasi Website

Apakah anda melihat angka dibawah search bar? Totalnya ada 2.590.000 konten yang berhubungan dengan keyword Tutorial Memasak. Dan 100 website masuk kedalam index google. Sisa dari total keseluruhan 2,5 juta masih sangat banyak.

Lalu one page google, peringkat paling atas diisi dengan website perusahaan raksasa yaitu liputan6.com. Dibawahnya diisi dengan website dengan topik khusus tutorial memasak. Nama websitenya iputu-dirga.blogspot.com . Blognya bagus, diisi khusus dengan topik tutorial memasak. Tutorialnya beragam dan banyak.

Lalu masuk kembali ketiga pertanyaan diatas.

  1. “Siapkah anda untuk memberikan Tutorial Membuat Makanan yang lebih bagus dari pada yang lain”.
  2. “Apakah anda sudah mempunyai bahan untuk membuat lebih dari 100-1000 Postingan yang bagus”.
  3. “Apakah anda menyukai atau hobi pada masak memasak?”

Bila anda tidak sanggup, anda bisa mencari topik lain yang dapat memberi kepastian pada tiga pertanyaan diatas.

Cara Kerja Mesin Pencari Google (SEO)

Setelah anda siap untuk membuat website SEO, maka anda perlu tahu bagaimana cara kerja google dalam mencari sebuah website.

Crawl

Crawl yaitu sebuah proses yang dilakukan Google untuk mencari konten baru yang ada pada sebuah website. Hal yang dapat anda lakukan adalah

  • Mengirim Peta Situs
  • Mengirim Fetch as Google
  • Membuat backlink (tautan mengarah kewebsite anda) pada situs yang cepat dalam index google.

Index

Index merupakan tempat google dalam menyimpan situs. Situs yang sudah dideteksi atau di crawl akan dimasukan kedalam index google. Setidaknya ada 100 konten yang berada di mesin pencari bila kita mengetikan beberapa keyword. Dari ke 100 konten dibagi menjadi 10 halaman. Halaman 1-10.

GoogleBot

Sebenarnya cara kerja googlebot hampir sama dengan crawl. Bedanya googlebot men-crawl website secara otomatis dan terus menerus dalam kurun waktu tertentu.

Mengapa Website Saya tidak Muncul di Index Google?

Setelah kita mengetahui bagaimana persaingan kompetitor, lalu bagaimana cara kerja google. Nah, sekarang kita masuk kebagian bagaimana cara kita membuat website SEO dan Mudah terindex.

Pertanyaannya:

Mengapa Website Kita Tidak Masuk Index Google

Penyebabnya ada banyak sekali, point terpentingnya saya jabarkan dibawah ini, yaitu:

1. Crawl Google Pada Website

Dalam satu hari setidaknya ada miliaran konten yang di crawl oleh mesin pencari google. Tidak bisa dipungkiri ada beberapa website yang terlewat. Bila website anda tidak di crawl oleh google, ada beberapa kemungkinan besar, yaitu:

Website yang baru diluncurkan akan sulit untuk dicrawl oleh google, saya juga tidak tahu pasti. Namun google biasanya akan men-crawl situs yang dikenalinya.

  1. Bila situs raksasa, beberapa menit setelah konten diluncurkan maka akan masuk keindex google.
  2. Bila situs baru akan lama, contohnya seminggu atau sebulan setelah konten diluncurkan baru masuk kedalam index google.

Intinya jangan putus semangat. Bila situs kita belum terindex bukan berarti tidak bisa diindex. Kita bisa membuat website SEO yang bagus sebelum di crawl google. Membuat backlink yang baik kearah konten kita. Hal itu akan menaikan rangking konten kita saat google mengindexnya.

2. Desain website sulit dibaca Google Crawl

Nah, hal ini sangatlah penting bagi kalian yang mempunyai website dengan konten yang sudah bagus. Bila konten anda banyak dan bagus. Namun masih belum terindex google maka desian website adalah salah satu faktornya.

Ini menurut pengalaman saya dulu tahun 2013 membuat sebuah artikel “cara bermain game stronghold crusader”. Dulu saya baru saja mempunyai sebuah website dengan CMS Blogger.

Saya membuat konten tersebut karena bermin stronghold crusader sangatlah susah. Ya, dulu desain website saya menggunakan template bawaan google. Saya mengedit desainnya. Warna dasarnya pun berwarna hitam, header berwarna merah, konten bodynya berwarna biru, sidebar berwarna hijau. Pokoknya pelangi sekali. Ada musik otomatisnya. Dll

Konten tersebut tidak diindex oleh google. Sama sekali tidak terindex. Sudah berbulan-bulan tidak diindex.

Setelah saya mengganti template yang SEO, desain bagus, struktur datanya bagus, h1 – h6 terstruktur. Maka 3 hari setelah saya ganti template. Konten tersebut langsung masuk kedalam Page 1 halaman Google tepatnya urutan ke-3.

Ada beberapa saran dalam desain website yang mudah dicrawl, yaitu:

  1. Pastikan template atau tema anda SEO.
  2. Pastikan template atau tema anda Valid Struktur Data.
  3. Pastikan template atau tema anda mempunyai h1-h6 yang tersturtur bagus.
  4. Pastikan template atau tema anda mempunyai Breadcrumbs.
  5. Gunakan 2-3 Warna Dasar. Contohnya (Putih dengan Biru) dsb.
  6. Pastikan Template atau tema anda Fast Loading (Paling lama 2-3 Detik).
  7. Pastikan Template atau tema anda Mobile Friendly/Responsive.

Ada beberapa hal yang perlu dihindari dalam desian website, yaitu:

  1. Desain Berantakan
  2. Desain Ada yang tertindih, berdekatan, bahkan sulit dilihat
  3. Desain jangan menggunakan banyak warna
  4. Desain jangan menggunakan gambar yang dapat melambatkan loading.
  5. Desain tidak responsive
  6. Terdapat iframe (aplikasi, jam, musik otomatis, animasi dan lain lain).
  7. Jangan menggunakan anti adblock.
  8. Dan masih banyak lagi.

3. Error pada website

Sering kali crawl google melewatkan situs yang mempunyai sebuah error. Error yang dimaksudpun beragam. Banyak error yang tidak bisa saya sebutkan disini. Anda bisa melihat keluhan error yang biaasa terjadi pada forum web master google.

Diforum itu anda juga dapat meminta bantuan oleh pakar google dalam mengatasi error pada website anda. Jadi saran saya, bila website anda error seperti time out 500, kesalahan dns pada search console, dsb. Anda bisa menanyakan hal terkait pada pakar google, di forum tersebut.

4. Backlink

Backlink atau biasa disebut dengan tautan dari website lain yang mengarah pada website kita. Backlink bisa dibilang mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam pengenalan situs pada crawl google.

Namun tidak semua backlink bagus untuk website anda. Ya, ada sebuah pinalti (deindex) yang dilakukan google kepada website yang melakukan spam backlink. Bahkan dari beberapa sudut, backlink malah dapat diperjual belikan, contohnya pada gambar dibawah ini:Jasa Backlink Optimasi SEO

Itu adalah salah satu jasa backlink dari website chikomotor.net . Mereka memasang tarif untuk backlink PBN (Privat Blog Network) seharga ratusan ribu sampai dengan jutaan rupiah. Itu adalah jasa backlink yang menurut saya sudah berpengalaman. Dia memasang tarif yang cukup tinggi, selain itu pada tiap backlink dibuat pada website yang berbeda IP satu sama lain.

Beberapa saran dari saya dalam membuat sebuah backlink, yaitu:

  1. Backlink dari website yang berkualitas (Tidak punya Spam score yang tinggi).
  2. Backlink dari domain EDU / GOV
  3. Backlink dari link dengan tautan dofollow diartikel (bukan dikolom komentar).
  4. Backlink dari website dengan DA (Domain Authority) atau PA (Page Authority) yang tinggi.
  5. Backlink dari website yang sudah aged (tua) namun tetap tidak mempunyai spam score.
  6. Backlink dari social media.

Nah untuk membangun backlink, jangan sekali kali melakukan hal-hal yang dapat menimbulkan pinalti dari google, yaitu:

  1. Backlink dari domain yang mempunyai Spam Score yang tinggi yang dapat menimbulkan pinalti dan menurunkan ranking (Cek melalui MOZ).
  2. Jangan membuat backlink dari tools atau alat pembuat backlink otomatis.
  3. Jangan membuat backlink banyak-banyak namun IP website tersebut sama.
  4. Jangan membuat backlink dengan cara spam (misalnya anda menaruh link anda dikolom komentar dibanyak website lalu tulisannya sama), hal ini cepat sekali terkena pinalti dari google.

Selain itu anda juga dapat menolak sebuah backlink dari website yang mempunyai spam score yang tinggi. Anda dapat menolaknya pada halaman search console di Bagian Disavow Link.

5. Website Belum Terdaftar pada Search Console

Search Console Google merupakan tempat pendaftaran bagi website yang ingin di crawl. Dalam beberapa kasus, ada beberapa website yang tidak melakukan pendaftaran di Search Console namun juga terindex. Hal ini sebenarnya tergantung oleh crawl google. Membuat Website SEO akan hambar bila kita belum mendaftarkannya pada Search Console.

Search Console adalah wadah untuk mempercepat website anda untuk masuk ke index google. Namun ranking konten atau website tetap sama. Jadi bila anda tidak mendaftar di search console, juga tetap mendapatkan ranking yang sama.

Bedanya hanya satu, yaitu kalau daftar website kita lebih cepat di crawl, kalau tidak daftar ya nunggu google nge crawl sendiri (butuh waktu lama).

Keuntungan anda mendaftarkan website anda di search console yaitu:

  1. Anda dapat mengirimkan peta situs untuk di crawl.
  2. Anda dapat mengirimkan konten untuk dirender pada fetch as google.
  3. Anda dapat menolak backlink dengan spam tinggi pada disavow link.
  4. Anda dapat melihat tracking konten website anda (pada search console yang baru).

Jadi bisa dibilang search console itu memang benar-benar penting, bagi anda yang serius dalam mengelola website.

Bagaimana agar website kita dapat diindex oleh google?

Nah ini adalah salah satu pertanyaan yang sangat sering keluar. Bagaimana caranya? Bagaimana Triknya? Bagaimana Tutornya? Apa yang harus dilakukan?.

Terkait dengan pertanyaan yang sangat mendunia tersebut ada sebuah syair yang mengatakan bahwa:

Semua hal didunia ini dimulai dari hal-hal kecil. Maka dari itu tawakallah.

Nah sebenarnya banyak juga pepatah yang mengatakan sama seperti hal tersebut. Sekarang yang terpenting bagaimana kita terus semangat dalam mempelajari hal tersebut.

Optimasi Website merupakan hal yang lazim, namun SEO merupakan hal yang tidak pasti. Maka dari itu, tergantung dari diri sendiri.

Nah sebelum bertanya yang sama seperti pertanyaan diatas. Anda coba cek situs anda sudah terindex oleh google atau belum.

Ketik di Search Engine Google.

site:namawebsitekamu.com

site:desyo.net

Bila anda mengetik seperti itu digoogle maka seluruh konten website kamu akan muncul di google. Bila tidak muncul maka kemungkinan besar website kamu belum terindex. Ada dua kemungkinan, yang pertama website baru dan yang kedua website yang baru deindex.

1. Daftarkan Website kamu pada Search Console

Langkah awal anda sebelum membuat website SEO, anda pastinya membutuhkan search console. Ini adalah salah satu fitur google bagi para develop website agar bisa masuk kedalam mesin pencari. Untuk search console google anda dapat mendaftarkannya di Halaman Search Console Google

Nah, bila anda sudah memverifikasikan kepemilikan website pada halaman tersebut, maka ada banyak fitur yang ada didalamnya. Contohnya pada gambar dibawah:

Search Console- Membuat Website SEO

Bila dilihat, banyak sekali fitur yang anda dapat gunakan dalam melakukan optimasi. Kamu bisa melihatnya disebelah kiri, yaitu:

  1. Tampilan penelusuran
  2. Lalu lintas penelusuran
  3. Index Google
  4. Perayapan

Bila dijabarkan lagi mungkin penjelasannya akan sangat panjang, seperti sebuah buku.

Namun yang terpenting ada 3 hal pada search console, yaitu:

A. Error Pada website

Anda dapat melihatnya pada gambar, ada 3 hal penting yang tidak boleh ada error nya yaitu: DNS, Konektivitas Server dan Pengambilan Robot.txt.

Bila DNS, Konektivitas server dan Robot txt ada yang error maka akan bersimbol merah, atau bisa juga kuning dengan tanda seru.

Maka dari itu bila kita tidak pernah mendaftarkan website kita pada search console. Maka kita tidak akan pernah tau kalau seandainya terdapat error pada website kita. Yang mengakibatkan google tidak mau men-crawl website kita. Mungkin kita sudah membuat website SEO, namun sayang sekali bila tidak terdaftar Search Console.

  1. Bila DNS anda error coba hubungi penyedia layanan hosting anda.
  2. Bila Konektivitas server anda error, coba periksa situs anda. Berjalan terus atau kadang tidak bisa dibuka.
  3. Kalau Robot.txt coba perhatikan robot txt nya apakah ada kode yang salah ketik atau tidak. Anda bisa mengambil contoh robot txt yang SEO pada blog lain.

Sebenarnya ada banyak masalah yang terjadi namun lazimnya penyelesaiannya ada pada ketiga hal tersebut.

B. Mengirim Peta Situs

Peta situs atau biasa disebut dengan sitemap adalah hal yang penting. Hal ini tidak kalah pentingnya bila anda sudah mendaftarkan website anda pada search console. Anda dapat mengirimkan peta situs anda. Peta situs yang anda kirimkan biasanya berisi dengan post-post yang ingin di crawl oleh google.

Selain itu anda juga bisa melihat perbandingan post yang sudah dikirim dengan post yang sudah diindex. Bila anda mengirimkan post sebanyak 23, lalu post yang diindex ada 15. Bila dalam seminggu atau sebulan belum juga terindex maka ada 8 post yang perlu anda benahi.

Selain mengirimkan post anda juga dapat mengirimkan image atau gambar yang akan diindex pada google image. Jadi bukan post saya yang akan diindex namun juga gambarnya. Karena umumnya 30% pengguna internet mencari konten pada Google Image.

Maka bisa di bilang google image tidak kalah pentingnya dalam menarik pengunjung untuk masuk kedalam website kita. Bahkan pada topik-topik tertentu seperti “Cara Membuat Origami” lebih dari 75% pengguna internet mencarinya pada Google Image.

C. Telusuri Analitics

Nah ini adalah bagaimana cara google memberikan kepada anda, seberapa bayak orang yang mengklik website anda pada keyword tertentu. Disana anda bisa melihat data halaman, negara, perangkat, waktu dll yang diklik oleh pengunjung.

Namun saya sarankan untuk menggunakan Search console yang baru untuk Telusuran analitics, seperti gambar ini:

Search Console Baru

Tampilan dari search console yang baru lebih keren dan lebih lengkap. Ya ada beberapa desian yang bagus dalam penyajian grafik. Selain itu anda juga bisa melihat tingkat posisi pada search google.

Membuat Website SEO Dari Struktur Desain

Nah sebelum kita masuk ke konten yang SEO, yang perlu kita benahi terlebih dahulu adalah struktur website kamu. Ini bukanlah hal yang sepele, namun ini adalah hal yang sangat penting karena. Sebelum google men-crawl website kita, hal pertama yang dilakukan oleh google adalah membaca Judul dan Deskripsi.

A. Struktur Judul dan Deskripsi

Membuat website SEO sebenarnya dimulai dari Judul dan deskripsi. Judul yang google baca biasanya berupa HTML, contoh sederhanya.

<meta property=”og:title” content=”Tema WordPress DesyoNET – DesyoNET” />

Lalu untuk Deskripsi google akan membaca html seperti dibawah.

<meta property=”og:description” content=”Tema WordPress DesyoNET merupakan tema wordpress yang saya buat dengan warna khas biru ini merupakan tema wordpress yang bagus” />

Maka hasil disearch engine google akan tampak seperti gambar dibawah.

Index - Optimasi SEO

Lalu bagaimana dengan meta keyword? Nah, dulu memang google menggunakan meta keyword sebagai dasar website masuk ke index google. Namun untuk update algoritma, google tidak lagi menggunakan meta keyword sebagai acuan.

Maka dari itu jangan lagi spam meta keyword secara berlebihan. Post anda mungkin akan dianggap spam oleh google.

B. Valid Struktur Data

Sebenarnya struktur data tidak terlalu berpengaruh besar dalam rangking sebuah website ataupun konten. Namun Valid struktur data dapat memudahkan google untuk men-crawl situs anda secara menyeluruh.

Anda dapat mengecek struktur data website pada halaman Struktur Data Test. Masukan website anda dan cek.

Apakah website anda terdapat struktur data? Atau Struktur datanya ada cuma ada error?

Bila anda menggunakan wordpress, anda tidak perlu khawatir mengenai struktur data. Anda hanya tinggal pasang plugin schema, maka plugin tersebut akan menambahkan banyak struktur data yang valid.

Maka dari itu saya lebih merekomendasikan CMS WordPress Dibanding dengan Blogger.

Thema WordPress DesyoNET yang saya rancang ada 2 struktur data, dan keduanya tidak error. Sebenarnya bisa lagi menambahkan dan menggunakan plugin schema. Tapi karena saya jarang post maka lebih baik tidak dipasang.

Contoh struktur data pada Theme ini:

Struktur Data Optimasi SEO

Namun bila anda menggunakan template blogger. Saran saya carilah template yang sudah valid struktur data. Banyak kok developer yang sudah mahir dalam menambahkan struktur data. Contohnya? … Cari dulu …

C. Responsive / Mobile Friendly

Hal ini juga tidak kalah penting bagi anda, bila template atau theme yang anda gunakan tidak mobile friendly. Maka dalam search engine index akan terlihat seperti dibawah ini:

Mobile Friendly - Optimasi SEO

Nah, halaman tidak mobile friendly sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi. Yaitu:

  1. Tidak Responsive
  2. Terdapat javascript yang error
  3. Terdapat tombol, link atau huruf yang sangat berdekatan (sulit di klik di smartphone)

Anda dapat mengecek situs anda pada halaman Mobile Friendly Test

Mobile Friendly Test - Optimasi SEO

Nah, maka dari itu dalam membuat website menjadi mobile friendly, ada 3 hal yang harus diperhatikan.

  1. Responsive
  2. Tidak ada javascript error
  3. Tidak ada tombol, link atau huruf yang terlalu berdekatan.
  4. Gunakan meta view port pada template atau theme

Membuat Website SEO serta Mobile Friendly memang tidak mudah kelihatannya. Bila anda menemukan sebuah error, maka akan sulit teratasi bila anda tidak mengerti HTML.

Fitur Baru Google

Sebenarnya google juga mengupdate suatu fitur yang khusus banget untuk tampilan smartphone. Nama fiturnya adalah AMP atau biasa disebut dengan Accelerated Mobile Pages. Kecepatan membuka situs lewat Smartphone hanya memerlukan waktu dibawah 1 detik.

Namun hal ini belum saya rekomendasikan karena ada beberapa fitur atau widget yang disembunyikan saat memakai AMP. Intinya ada beberapa hal positif dan negatif dalam fitur AMP ini.

Bila anda menggunakan AMP mungkin beberapa iklan selain adsense tidak akan muncul (tidak semua).

Bila anda menargetkan kenyamanan pengunjung maka AMP lah jawabannya.

Membuat Website SEO dengan Konten Menarik

Judul Membuat Website SEO dengan konten menarik adalah puncak pada postingan ini. Konten SEO merupakan sebuah senjata utama. Bukan tambahan bukan juga pelengkap, dan bukan juga pendukung, dalam Index Google.

Membuat konten SEO yang google sukai adalah hal yang tidak banyak diketahui seseorang. Namun pada dasarnya google mempunyai aturan main sendiri dalam menentukan siapa yang berhak pada posisi puncak.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam membuat konten yang SEO, yaitu:

A. URL (link)

Dalam membuat link ada beberapa hal yang google sukai, diantaranya yaitu:

URL Sesuai dengan Judul

Untuk memudahkan pengunjung google memperhatikan banyak hal salah satunya url yang dapat dimengerti.

Bila anda membuat judul konten “Tema WordPress DesyoNET”

Maka url yang bagus pada search engine yaitu:

  1. https://desyo.net/tema-wordpress-desyonet/ (Berdasarkan judul)
  2. https://desyo.net/19/2018/tema-wordpress-desyonet/ (Berdasarkan tanggal dan judul)
  3. https://desyo.net/theme/tema-wordpress-desyonet/ (Berdasarkan kategori utama dan judul)

Jangan menggunakan URL yang sulit dipahami oleh pengunjung, yaitu:

  1. https://desyo.net/?p=231233/
  2. https://desyo.net/post-195/

B. Title / Judul

Membuat title sebaiknya jangan terlalu pendek, gunakanlah judul yang bagus dan mengandung keyword. Selain itu jangan terlalu panjang juga.

Dalam membuat judul optimalnya adalah 10-70 Huruf. Selain itu banyak mengandung keyword.

Selain mengandung keyword anda juga dapat menggunakan Judul Bait (Memancing). Contohnya:

“Cara Membuat Website” = Salah satu contoh yang kurang Bait.

“3 Langkah Praktis Membuat Website” = Judul Bait

Dari 2 contoh diatas maka 75% pengunjung akan masuk kedalam judul yang ke dua.

C. Meta Deskripsi

Membuat meta deskripsi pun ada aturannya, deskripsi penting juga untuk menarik pengunjung masuk kedalam post.

Namun idealnya membuat judul yang baik adalah:

  1. Gunakan 160 huruf-300 huruf (Jangan kurang jangan lebih).
  2. Gunakan kata kunci (namun tidak berlebihan).
  3. Gunakan kata kunci bait juga ada pengaruhnya walaupun tidak banyak.
  4. Jangan lupa mengisi Meta Deskripsi. (Kalau lupa biasanya google akan men crawl paragraph pertama pada konten tersebut)

Nah bila meta deskripsinya baik maka membuat website SEO, pun akan lebih mudah.

D. Heading

Dalam membuat konten, gunakanlah fitur heading, dan sisipkanlah beberapa keyword pada heading tersebut. Idealnya jangan lupa membuat judul h1, h2, h3, h4. Keyword pada heading ataupun sub heading, itu sangat berpengaruh dalam peringkat konten kita.

Jangan sampai template atau theme yang dipakai tidak terdapat <h1> <h2> <h3>. Karena heading dapat memudahkan pembaca dalam membaca artikel yang kamu buat. Google juga memperkirakan jumlah kata antar heading yang cocok.

Bayangkan saya anda membuka sebuah artikel berjudul Cara Membuat Nasi Uduk. Total katanya ada 3.000 kata pada artikel tersebut. Didalam artikel tersebut hanya ada satu heading yaitu “Cara membuat nasi uduk”. Selebihnya adalah paragraph paragraph dan paragrap.

Bagaimana perasaan anda? Jenuh? Lalu apakah anda cepat mengerti langkah-langkah membuat nasi uduk yang hanya mempunyai satu heading dalam 3000 kata.

Nah coba saja dalam artikel cara membuat nasi uduk, setiap langkahnya diberi sub judul. Contohnya:

Cara membuat nasi uduk < H1

Bla bla bla

Tahap 1 < H2

Bla bla bla

Membeli beras < H3

Bla bla bla

Membeli santen < H3

Bla bla bla

Tahap 2 < H2

Bla bla bla

Masak nasi <H3

Bla bla bla

… DST

Nah dari situ pengunjung akan cepat memahami tahapan-tahapan dalam membuat nasi uduk. Serta artikel tersebut mudah untuk dibaca.

D. Gambar

Membuat Website SEO tanpa disertai dengan gambar, sama halnya dengan burung terbang tanpa sayap. Bisa dibilang: Gak mungkinlah. Gambar sebenarnya adalah hal terpenting juga dalam sebuah artikel. Pengunjung dapat memahami sebuah artikel bila terdapat beberapa contoh gambar.

Selain itu gambar juga dapat pengaruh besar dalam mendatangkan pengunjung. Terkadang pengunjung mencari sebuah artikel lewat google Image. Nah cobalah anda mencari “cara membuat nasi uduk” dari google image. Ketimbang anda mencari konten yang hanya berupa judul dan deskripsi. Maka lebih baik anda mencari lewat gambar.

Maka jangan lupa memasukkan gambar pada artikel yang dibuat, dan jangan lupa tambahkan alt=”Keyword Gambar” pada html gambar tersebut. Hal ini agar gambar dapat diindex pada google image. Jangan juga terlalu spam alt=”Keyword ————–  sampe 1000″.

Penggunaan keyword di “alt” gambar yang terlalu berlebihan adalah hal yang kurang bagus. Hal itu sudah diketahui oleh google dan dianggap spam, maka gambar tersebut tidak diindex.

E. Text/HTML Rasio

Nah dalam konten website juga mempunyai rasio tersendiri yaitu 15%. Jadi lebih baik website atau konten anda rasionya lebih banyak dari tampilannya. Anda tidak bisa membandingkannya, anda harus menggunakan Tools atau alat pengecek Text/HTML Rasio. Tools yang saya gunakan SEOquake.

F. Frames/Flash

Jangan menggunakan frames ataupun juga flash. Frames / Flash dapat menurunkan sebuah rating konten. Saya tidak tahu alasan pastinya. Namun memang penggunaan Frames/Falsh mengganggu pengunjung yang masuk pada website.

Ada beberapa widget tambahan atau script tambahan yang didalamnya terdapat flash. Biasanya Frame atau Falsh, akan membuat loading website menjadi lebih lama. Hal ini berdampak buruk pada Mobile Frienly.

G. Aturan Membuat Artikel

Dalam membuat artikel pun juga jangan terlalu ngasal juga. Banyak hal yang perlu diperhatikan.

Minimal Panjang Konten

Minimal panjang artikel yang baik bagi rangking konten SEO adalah 300 kata, atau standarnya 900 kata. Namun bila anda menginginkan lebih maka lebih baik membuat konten dengan panjang 2600 kata.

Keyword tidak lebih dari 2.5%

Inilah yang sering terjadi pelanggaran, membuat artikel dengan perbandingan keyword dengan keseluruhan konten lebih dari 2.5%. Idealnya anda harus menggunakan perbandingan keyword dengan total keseluruhan kata adalah 2% sampai 2.5 %.

Membuat setidaknya satu tautan link kehalaman lain

Ini adalah metode yang biasanya banyak digunakan oleh pemain lama, memasukan halaman terkait. Trik ini biasa disebut dengan Backlink Internal. Karena tautan link mengara pada halaman post kita yang lain. Contohnya:

Tema WordPress DesyoNET

Link yang saya gunakan mengarah ke halaman website saya yang lain.

Membuat tautan link keluar dengan nofollow

Bila anda mengarahkan link ke youtube.com atau website lain anda harus menggunakan rel=”nofollow” pada struktur HTML. Bila halaman tersebut mempunyai spam score tinggi maka rangking website anda juga ikut turun. Selain itu membuat link tautan ke halaman error. Ini juga tidak bagus pada rangking artikel tersebut.

Memasukan keyword pada paragraph awal

Hal ini masuk kedalam latar belakang anda membuat konten. Buatlah google mengerti kenten apa yang ingin anda buat pada paragraph awal.

Jangan Copas

Anda tahu sendiri lah bila website copas itu bagaimana. Membuat website SEO tidak akan mungkin bila ada satu saja artikel yang copas.

Membuat Website SEO dengan Post Secara Teratur

Sebenarnya apasih yang membedakan website raksasa dengan website tutorial pada umumnya? Setidaknya ada lebih dari ratusan post bahkan ribuan post yang viva.co.id publikasi dalam satu hari. Dan tentunya artikel-artikel tersebut bukanlah copas.

Sedangkan bagaimana dengan website tutorial? Saya pernah memantau satu website. Website tersebut posting setiap hari minggu saja (mungkin karena sibuk dunia nyata). Maka google pun akan mengindexnya lebih lama. Satu bulan/ bahkan dua bulan.

Nah kerja googlebot disini memang sangat mengenali website yang sering post dan jarang post. Googlebot juga mencrawl website secara otomatis dalam kurun waktu tertentu. Semakin sering post maka googlebot juga akan lebih cepat mengindex website tersebut saat membuat konten baru.

Tapi perhatikan disini, jangan sampai melupakan konten asli atau tidak copas.

Anda mungkin ingin cepat-cepat post, tapi tidak memperhatikan artikel yang dipost. Itu sama halnya menanam pohon mangga dipadang gurun. Atau bisa dibilang hanya buang buang waktu.

Membuat Website SEO dengan DA dan PA Tinggi

Domain authority atau Page authority adalah sebuah rangking website, atau page website pada mesin pencari. Semakin tinggi DA dan PA. Maka semakin mudah konten yang anda buat masuk kedalam index google.

DA atau PA biasa disebut dengan tingkat kepercayaan google pada website kita. Nilai valuenya dari 0-100.

Bagaimana cara mengecek DA/PA website?

Anda bisa menggunakan tools SEO seperti:

  1. SmallSEOTools
  2. MOZ
  3. Semrush
  4. dll

Membuat Website SEO dengan menaikan rangking social media share

Social media merupakan tempat yang baik bagi kamu untuk mendatangkan pengunjung. Bila anda menerapkan semua yang ada pada konten diatas. Maka dapat dipastikan pengunjung yang mengenali website anda lewat social media akan kembali kewebsite anda.

Jangan lupa membuat konten dengan judul klik bait bila target anda adalah orang orang disocial media. Membuat halaman fanpage, juga sangat berpengaruh bagi pengunjung dengan minat yang sama.

Contohnya topik blog anda mengenai Review Game. Maka bila anda membuat fanpage Review Game, orang yang mempunyai hobi bermain game. Akan mengikuti atau menyukai halaman anda. Hal ini akan membuat orang tersebut berkunjung kembali pada website anda untuk mencari game seru lainnya.

Yang terpenting adalah, jangan pernah sekali-sekali mengecewakan mereka. Contohnya terlalu banyak iklan, situs sulit diakses (loading berat) dll.

Membuat Website SEO dengan Mengikuti Cara Main Algoritma Google

Judulnya sangat fenomenal sekali, mungkin akan terdengar asing bagi kalian yang baru belajar membuat website SEO. Tapi bukan berarti langkah-langkah disini sulit.

Algoritma Google

Setiap Google Mengupdate Algoritma, semua developer website tidak akan diberi tau dari segimana aturan tersebut diberlakukan.

Sama halnya dengan kepala sekolah anda membuat peraturan terupdate bagi siswa. Namun siswa tidak tahu peraturan apa yang dibuat.

Lalu bagaimana cara mengetahuinya?

Cara mengetahuinya adalah dengan melakukan riset, membuat percobaan dll. Maka akan dianalisis percobaan tersebut, apakah benar atau tidak.

Sama halnya dengan siswa membuat onar. Bila siswa tersebut dijatuhi hukuman maka, peraturan dilarang onar ternyata ada.

Panda

Google Panda memiliki beberapa aturan main sendiri dalam menilai rangking website. Diantaranya adalah:

  1. Konten Tidak Unik
  2. Duplikasi Konten
  3. Penggunaan Keyword Berlebihan/Spam
  4. Minim Artikel
  5. Tidak ada gambar

Nah sudah jelas bukan, cara membuat website SEO yang pertama adalah dengan tidak melakukan hal tersebut.

Mobile

Nah sama seperti dengan namanya, Algoritma ini menekankan pada sisi Mobile Friendly. Atau cocok pada perangkat Smartphone. Bila anda tidak skip-skip artikel yang saya buat. Dapat dipastikan kamu sudah membaca cara membuat website seo dari segi Mobile Friendly.

Possum

Algoritma ini menargetkan sisi wilayah. semakin dekat bisnis/website anda dengan pengunjung maka akan semakin tinggi juga diperingkat index.

Contoh sederhana dari algoritma ini adalah, bila anda mengetikan Toko Kue. Maka hasil yang keluar adalah Toko Kue disekitar wilayah anda. Bukan di toko kue di Amerika di Australia, bahkan Toko Kue di Eropa.

Benar-benar membantu bukan?

Tapi saya masih belum tahu apakah algoritma ini sudah diterapkan pada website umum atau sejenis. Tapi akan lebih baik bila target pengunjung anda adalah orang indonesia. Maka gunakanlah hosting yang berada di Indonesia. Contohnya website saya ini, beralamatkan IP di kota Surabaya.

Bila menggunakan hosting indonesia maka akan membuat website SEO dari pencarian orang indonesia.

Fred

Algoritma ini menunjuk website yang terlalu banyak menaruh aplikasi, gadget atau sejenis didalam sidebar. Yang membuat website terlalu berat. Hal ini juga berlaku pada iklan. Bila terlalu banyak iklan pada website, maka website akan semakin cepat terkena pinalti.

RankBrain

Cara kerja algoritma ini cukup menarik. Pasalnya algoritma ini membaca seberapa lama pengunjung yang masuk kedalam website anda.

Semakin lama pengunjung anda berada diwebsite anda, rangkin website anda akan semakin naik. Namun sebaliknya, bila pengunjung anda masuk ke website anda dan langsung mengclose halaman anda. Maka kualitas Website anda akan semakin turun.

Setidaknya, lama waktu yang bagus bagi para pengunjung membuka situs anda adalah sekitar 3 menit 10 detik.

Dapat diartikan semakin lama pengunjung bertahan diwebsite anda. Maka dapat dipastikan konten anda memang bagus. Namun bila pengunjung baru masuk langsung menclose website anda. Dapat dipastikan konten anda buruk.

Phantom

Algoritma Phantom mengincar website yang mempunyai konten yang buruk. Walaupun dalam website tersebut banyak konten bagus. Walaupun ada satu-dua atau beberapa post saja yang mempunyai konten buruk. Maka segera perbaiki.

Jangan Sampai Website Anda Kesurupan Phantom

Selain itu juga perhatikan kolom komentar website anda. Jangan sampai ada pengguna yang menaruh komentar iklan judi bola pada konten ada.