Penerapan Metode Objective Matrix ( OMAX )

Posted By fuadfauzi 18 Juli, 2019
Metode Objective Matrix

Penerapan Metode Objective Matrix ( OMAX ) – Pada kali ini saya akan membahas mengenai suatu metode yang biasa digunakan untuk mengukur tingkat produktifitas. Metode Objective Matrix biasa digunakan untuk mengerjakan tugas akhir atau skripsi. Berbicara mengenai tugas akhir atau skripsi pastinya saya menginginkan karya ilmiah saya dapat diterima dengan baik bagi semua pihak, terutama bagi diri saya sendiri.

Pada Jurusan Teknik Industri saya percaya, kalau lulusan teknik industri setidaknya dapat menemukan serta menyelesaikan masalah yang paling besar di sebuah perusahaan. Masalah paling besar di perusahaan tersebut dibahas dan diolah di tugas akhir atau skripsi sehingga dapat membuat keputusan yang baik bagi perusahaan untuk kedepannya.

Penerapan Metode Objective Matrix ( OMAX ) untuk Tugas Akhir / Skripsi

Sebelum membahas lebih jauh, maka harus membuat judul skripsi yang sesuai dengan Metode, Langkah-langkah ataupun Diagram yang akan dipakai nantinya. Rencana judul saya yaitu Meningkatkan Produktivitas Dengan Menggunakan Metode Objective Matrix pada PT. XYZ.

Pada tugas akhir atau skripsi ini bukan hanya menganalisis masalah yang ada, namun juga melakukan perbaikan-perbaikan. Pada Skripsi dengan pembahasan menggunakan Metode Objective Matrix ( OMAX ) haruslah mempunyai tindak lanjut perbaikan dengan Metode lain, karena Metode Objective Matrix ( OMAX ) hanya pengukur tingkat produktifitas. Bila di Skipsi saya nanti mungkin ada beberapa point penting dalam pengolahan data, yaitu:

  1. Mengukur Produktivitas dengan Metode Objective Matrix ( OMAX )
  2. Mengetahui Penyebab Masalah paling Dominan dengan Diagram Pareto
  3. Mengetahui Penyebab Turunnya Hasil Produksi Menggunakan Fishbone
  4. Melakukan Perbaikan untuk Peningkatan Hasil dengan 5W+1H
  5. Pengukuran Produktivitas  Sesudah Perbaikan Menggunakan Objective Matrix ( OMAX )

Sebagai bahan referensi, belajar serta pengabadian , maka saya menulis hal-hal yang dibutuhkan untuk pembuatan Skripsi dengan Menggunakan Metode Objective Matrix ( OMAX ), yaitu ;

  1. Data-data yang dibutuhkan untuk menggunakan Metode Objective Matrix ( OMAX ) untuk Tugas Akhir / Skripsi
  2. Studi pustaka yang sesuai pada Skripsi dengan Metode Objective Matrix ( OMAX )
  3. Cara Mengolah Data pada Metode Objective Matrix ( OMAX )

Data yang dibutuhkan untuk menggunakan Metode Objective Matrix ( OMAX ) untuk Tugas Akhir / Skripsi

Dalam pengukuran produktivitas menggunakan Metode Objective Matrix ( OMAX ) tentunya ada beberapa data yang perlu dikumpulkan, yaitu ;

  1. Data Rencana Produksi
  2. Data Hasil Aktual Produksi
  3. Data Trouble yang Mempengaruhi Produksi

Pada dasarnya kalau hanya untuk menganalisis Produktifitas data yang dibutuhkan hanya data rencana produksi dan data hasil aktual produksi. Namun bila ingin menulis skripsi dengan melakukan perbaikan tentunya saya juga membutuhkan data trouble yang mempengaruhi produksi. Dan dari data tersebut akan diolah dan dilakukan perbaikan.

Studi pustaka yang sesuai pada Skripsi dengan Metode Objective Matrix ( OMAX )

Studi pustaka biasanya berisi teori teori yang digunakan pada suatu Karya Ilmiah seperti Skripsi ataupun Tugas Akhir. Kemudian teori teori yang dikemukakan di Studi Pustaka menjadi acuan teori yang dilakukan di pengolahan data. Adapun Studi pustaka yang akan saya gunakan pada Metode Objective Matrix ( OMAX ), antara lain ;

  1. Pekerja
  2. Produktivitas
  3. Diagram Pareto
  4. Diagram Fishbone
  5. Metode 5W + 1H
  6. Objective Matrix ( OMAX )

Untuk teori-teori pada topik diatas bisa membeli buku-buku teknik industri. Selain itu kalau bisa dijabarkan lagi di sub-bab pada teori Metode Objective Matrix ( OMAX )

  1. Latar Belakang Metode Objective Matrix ( OMAX )
  2. Alasan Pemilihan Metode Objective Matrix ( OMAX )
  3. Struktur Data Metode Objective Matrix ( OMAX )

Cara Mengolah Data pada Metode Objective Matrix ( OMAX )

Artikel ini ditulis oleh saya Muhammad Fuad Fauzi, pada saat Sebelum Menjalani Skipsi / Tugas Akhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *